PENDAHULUAN
Banyak hal yang
dapat kita lihat dan alami dalam hidup ini. Hal-hal yang kita lihat dan alami
itu lebih lanjut sebut saja pengalaman kadang-kadang begitu dalam menyentuh
perasaan dan kadang pula tidak. Terhadapnya sebagian orang membiarkannya begitu
saja dan ada pula yang begitu memperhatikan.
Seorang penulis
puisi lebih sering disebut penyair, tidak akan meremehkan
pengalaman-pengalamannya. Segala sesuatu yang dilihat dan dialaminya selalu
tidak luput dari perhatiannya. Dia menjadikan semua itu sebagai sesuatu yang
bermakna bagi manusia, manusia yang memiliki kesadaran eksistensial. Wujud
perhatian dan usaha menjadikan pengalaman-pengalaman itu sebagai sesuatu yang
bermakna bagi manusia di antaranya adalah menuangkan atau menuliskan apa yang dialaminya
dan dilihatnya ke dalam bentu puisi.
Istilah hakikat
puisi (yakni unsur hakiki yang menjiwai puisi) disebut struktur batin,
sedangkan metode puisi (medium bagaimana hakikat itu diungkapkan) disebutnya
struktur fisik. Adapun wujud konkret hakikat puisi adalah pernyataan batin
penyair, sedangkan metode adalah unsur-unsur pembangun bentuk kebahasaan puisi.
Menurut
Waluyo (dalam Jabrohim, 2001:34) berpendapat bahwa struktur fisik puisi terdiri
atas baris-baris puisi yang bersama-sama membangun bait-bait puisi.
Selanjutnya, demikian Waluyo, bait-bait puisi itu membngun kesatuan makna di
dalam keseluruhan isi sebagai sebuah wacana. Struktur fisik ini merupakan
medium pengungkapan struktur batin puisi. Adapun unsur-unsur yang termasuk
dalam struktur fisik puisi menurut Waluyo adalah diksi, pengimajian, kata
konkret, majas, verifikasi, tipografidan sarana retorika. Adapun struktur batin
puisi, sebagaimana disebut Waluyo terdiri atas tema, nada, perasaan dan amanat.
Pada
kenyataan, puisi sangat dpengaruhi oleh latar belakang waktu atau kejadian saat
penciptaan puisi tersebut. Misalnya, puisi pada zaman animisme dan dinamisme
berisi tentang mantera-mantera mencakup kepercayaan masyarakat pada masa itu
terhada roh-roh nenek moyang. Begitu pula pada masa perjuangan. Tema puisinya
sebagian diwarnai oleh nuansa perjuangan. Berdasarkan perkembangannya, puisi
dibagi menjadi puisi lama, puisi baru, dan puisi modern.
Dari
berbagai latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam makalah ini
anrtara lain, Bagaimanakah cara menulis puisi yang baik sesuai dengan hakikat
serta unsur-unsur yang membangu puisi.
Tujuan
penulisan makalah ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan cakrawala
pemikiran serta meningkatkan kemampuan teknis dalam menulis puisi. Manfaat penulisan
makalah ini agar dapat memupuk minat dan bakat sehingga dapat memiliki kepekaan
apresiasi dan kemampuan kreasi atau ekspresi sehingga menjadi manusia yang
memiliki kepribadian kreatif, yaitu mampu berimajinasi sehingga dapat menulis
sebuah puisi.
BAB I
PENGERTIAN PUISI
- Pengertian Puisi dari Lima Ahli SastraShahnon Ahmad (dalam Pradopo, 1993:6) mengumpulkan definisi puisi yang pada umumnya dikemukakan oleh para penyair romantik Inggris sebagai berikut:
- Wordsworth mempunyai gagasan bahwa puisi adalah pernyataan perasaan yang imajinatif, yaitu perasaan yang direkakan atau diangankan. Adapun Auden mengemukakan bahwa puisi itu lebih merupakan pernyataan perasaan yang bercampur-baur.
- Carlyle mengatakan bahwa puisi merupakan pemikiran yang bersifat musikal. Penyair menciptakan puisi itu memikirkan bunyi-bunyi yang merdu seperti musik dalam puisinya, kata-kata disusun begitu rupa hingga yang menonjol adalah rangkaian bunyinya yang merdu seperti musik, yaitu dengan mempergunakan orkestra bunyi
- Dunton berpendapat bahwa sebenarnya puisi itu merupakan pemikiran manusia secara konkret dan artistik dalam bahasa emosional serta berirama. Misalnya, dengan kiasan, dengan citra-citra, dan disusun secara artistik (misalnya selaras, simetris, pemilihan kata-katanya tepat, dan sebagainya), dan bahasanya penuh perasaan, serta berirama seperti musik (pergantian bunyi kata-katanya berturu-turut secara teratur).
- Samuel Taylor Coleridge mengemukakan puisi itu adalah kata-kata yang terindah dalam susunan terindah. Penyair memilih kata-kata yang setepatnya dan disusun secara sebaik-baiknya, misalnya seimbang, simetris, antara satu unsur dengan unsur lain sangat erat berhubungannya, dan sebagainya.
- Shelley mengemukakan bahwa puisi adalah rekaman detik-detik yang paling indah dalam hidup. Misalnya saja peristiwa-peristiwa yang sangat mengesankan dan menimbulkan keharuan yang kuat seperti kebahagiaan, kegembiraan yang memuncak, percintaan, bahkan kesedihan karena kematian orang yang sangat dicintai. Semuanya merupakan detik-detik yang paling indah untuk direkam.
- Kesimpulan Pengertian Puisi
- Dari uaraian para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang mengekspresikan secara padat pemikiran dan perasaan peyair, digubah dalam wujud dan bahasa yang paling berkesan.
- Dari definisi-definisi di atas memang seolah terdapat perbedaan pemikiran, namun tetap terdapat benang merah. Oleh sebab itu penulis dapat menyimpulkan bahwa puisi merupakan ungkapan atau ekspresi dari pemikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk tulisan yang indah. Pengertian puisi di atas juga terdapat garis-garis besar tentang puisi itu sebenarnya. Unsur-unsur itu berupa emosi, imajinas, pemikiran, ide, nada, irama, kesan panca indera, susunan kata, kata kiasan, kepadatan, dan perasaan yang bercampur-baur.
BAB
II
STRUKTUR
BATIN
2.1 Tema
Tema
adalah gagasan pokok yang ingin disampaikan oleh pengarang. Tema tentulah
merupakan kombinasi atau sintesis dari bermacam-macam pengalaman, cita-cita,
ide dan bermacam-macam hal yang ada dalam pikiran penulis. (Endah Tri Piyatmi,
2010: 74 dalam Skripsi Sri Handayani, 2011: 22)
Tema
puisi merupakan gagasan utama penyair dalam puisinya. Gagasan penyair cenderung
tidak selalu sama dan besar kemungkinan untuk berbeda-beda. Oleh karena itu,
tema puisi yang dihasilkannya pun akan berlainan. (E. Kosasih, 2008: 37 dalam
Skripsi Sri Handayani, 2011: 22)
Jelas bahwa
dengan puisinya sang penyair ingin mengemukakan sesuatu bagi para menikmatnya. Sang
penyair melihat atau mengalami beberapa kejadian dalam kehidupan masyarakat
sehari-hari yang ingin dikemukakan, dipersoalkan atau mempermasalahkan hal-hal
itu dengan caranya sendiri.
Demikianlah
setiap puisi mengandung suatu subject
matter untuk dikemukakan atau ditonjolkan. Hal ini tergantung kepada
beberapa faktor, antara lain falsafah hidup, lingkungan, agama, pekerjaan, dan
pendidikan dari sang penyair sendiri. Di samping itu, setiap puisi juga harus
mengandung makna, sekalipun dalam beberapa puisi makna tersebut agak samar.
Terlebih lagi bila sang penyair begitu mahir mempergunakan bahasa figuratif.
Makna yang
dikandung oleh subject matter, suatu
puisi itulah yang disebut dengan tema. Untuk lebih jelas berikut adalah puisi
Armyn Pane yang singkat namun padat dan hanya terdiri dari lima baris:
Kembang Setengah Jalan
Mejaku
hendak dihiasi
Kembang
jauh dari gunung.
Kau
petik sekarangan kembang,
Jauh
jalan panas hari,
Bunga
layu setengah jalan.
Setelah kita
baca baik-baik puisi di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa temanya ialah
“sesuatu yang tak sampai”. “sesuatu” itu adalah kembang, yang dalam kehidupan sehari-hari masyarakat melambangkan kasih, cinta, wanita. Jadi tema puisi di
atas adalah kasih tak sampai, bertepuk
sebelah tangan, dan hal itu tampak dari baris terakhir; bunga setengah jalan yang sekaligus merupan judul puisi
tersebut.hal itu juga jelas ada yang menyebabkannya : jauh jalan dan panas hari.
Sekalipun bunga yang telah layu itu dipaksakan juga untuk menghiasi meja
tersebut, ternyata sudah terlambat, tidak ada gunanya, sia-sia belaka.
- RasaRasa (feeling), yaitu sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat dalam puisinya. Pengungkapan tema dan rasa erat kaitannya dengan latar belakang sosial dan psikologi penyair, misalnya latar belakang pendidikan, agama, jenis kelamin, kelas sosial, kedudukan dalam masyarakat, usia, pengalaman sosiologis dan psikologis, dan pengetahuan. Kedalaman pengungkapan tema dan ketepatan dalam menyikapi suatu masalah tidak bergantung pada kemampuan penyair memilih kata-kata, rima, gaya bahasa, dan bentuk puisi saja, tetapi lebih banyak bergantung pada wawasan, pengetahuan, pengalaman, dan kepribadian yang terbentuk oleh latar belakang sosiologis dan psikologisnya.Rasa ialah sikap sang penyair terhadap pokok permasalahan yang terkandung dalam puisi tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai dua orang atau lebih menghadapi keadaan yang sama, tetapi justru dengan sikap yang berbeda. Demikian pula halnya dengan cara penyair. Dua orang penyair atau lebih, dapat menafsirkan objek yang sama dengan sikap yang berbeda. Terhadap anak “gembla” misalnya, para penyair dapat mengemukakan “sikap” yang berbeda-beda.Berikut ini adalah karangan M. Yamin:GembalaPerasaan siapa takkan nyalaMelihatkan anak, berlagu dendangSeorang sahaja ditengah padangTiada berbaju buka kepalaBeginilah nasib anak gembalaBerteduh dibawah, kayu nan rindang,Semenjak pagi meninggalkan kandangPulang ke rumah disenja-kala.Jauh sedikit, sesayup sampaiTerdengar olehku bunyi serunaiMelagukan alam, nan molek permai.Wahai gembala disegera hijauMendengar puputmu, menurutkan kerbauMaulah aku menurutkan dikau.Puisi gembala di atas merupakan ungkapan rasa sikap simpati serta penuh belas kasihan penyair. Penyair M. Yamin menaruh simpati serta penuh belas kasihan terhadap anak gembala yang berdendang seorang diri di tengah padang tanpa baju tanpa topi dari pagi sampai petang.
- NadaNada (tone), yaitu sikap penyair terhadap pembacanya. Nada juga berhubungan dengan tema dan rasa. Penyair dapat menyampaikan tema dengan nada menggurui, mendikte, bekerja sama dengan pembaca untuk memecahkan masalah, menyerahkan masalah begitu saja kepada pembaca, dengan nada sombong, menganggap bodoh dan rendah pembaca, dan sebagainya. Nada adalah sikap sang penyair terhadap pembacanya. Dengan kata lain: sikap sang penyair terhadap para penikmat karyanya. Nada yang dikemukakan oleh seorang penyair dalam suatu puisi, tentu ada hubungannya dengan tema dan rasa yang terkandung pada puisi tersebut. Pada saat-saat masyarakat atau pribadi sedang menderita tekanan, baik jasmani atau rohani, dan tidak ada keadilan dan kebenaran maka sering muncul pembrontakan ataupun keluhan serta jeritan yang bernada sinis. Dalam puisi Indonesia, nada-nada sinis dapat kita jumpai misalnya pada karya-karya Bang Usman (yang mewakili kesusastraan Indonesia pada masa Jepang).Marilah sama-sama kita nikmati kesinisan Bung Usman berikut :Hendak Tinggi?Mau tinggi,di muka bumi ????Panjat kelapasampai kepuncak!!!Alangkah tinggidi muka bumi !!!Semut dikakikuPedih gigitmu,rasa sayat sembilu!!!Kalau kupikirkan musuhkudalam diriku …?Aku malu !Engkau hanya semut dikakiku!!!
- AmanatAmanat/tujuan/maksud (itention); sadar maupun tidak, ada tujuan yang mendorong penyair menciptakan puisi. Tujuan tersebut bisa dicari sebelum penyair menciptakan puisi, maupun dapat ditemui dalam puisinya.Setiap orang hidup pasti mempunyai tujuan. Orang belajar pun ada maksud dan tujuan. Hanya terkadang tujuan tersebut tidak disadari, namun dia tetap ada baik secara eksplisit atau implisit. Demikian halnya dengan penyair, sadar atau tidak sadar, dia mempunyai tujuan dengan puisi-puisi ciptaannya itu. Apakah tujuan pertama kali untuk memenuhi kebutuhan pribadi sendiri atau yang lain, bergantung pada pandangan hidup sang penyair. Apabila sang penyair kebetulan seorang pendeta atau ulama, maka dengan karya-karyanya dia ingin membawa orang kepada jalan yang diridoi oleh Tuhan, lalu sajak-sajaknya bersifat religius.Pada angkatan Pujangga Baru terdapat dua orang penyair religius, yang seorang mewakili agama Islam dan seorang lagi mewakili agama Kristen. Kedua penyair itu adalah Amir Hamzah dan J.E. Tatengkeng. Kita mulai dengan sanjak karya Amir Hamzah.Karena kasihmuKarena kasihmuEngkau tentukan waktuSehari lima kali kita bertemuAku inginkan rupamuKulebihi sekaliSebelum cuaca menali suteraBerulang-ulang kuintai-intaiTerus-menerus kurasa-rasakanSampai sekarang tiada tercapaiHasrat sukma idaman badanPujiku dikau laguan kawiDating turun dari datukuDiujung lidah engkau letakkanPiatu teruna ditengah gembalaSunyi sepi pitunang poyangTidak meretak dendang dambakuLayang lagu tiada melansingHaram gemerencing genta rebanaHatiku, hatikuHatiku sayang tiada bahagiaHatiku kecil berduka ragaHilang ia yang dilihatnyaSekarang kita dengarkan pula penyair Jan Engelbert Tatengkeng berdendang memuja, memuliakan Tuhan Yang Maha Kuasa.Panggilan Pagi MingguSedang kududuk diruang bilik,Bermain kembang diujung jari,Yang tadi pagi telah kupetik,Akan teman sepanjang hari,Kudengar amat perlahan,Mendengung diombak udara,Menerusi daun dan dahanBunyi lonceng di atas menaraKatanya :Kupanggil yang hidup,Kutangisi yang mati,Pinta jiwa jangan ditutup,Luaskan Aku masuk ke hati.- Masuklah, ya, Tuhandalam hatiku -
BAB
III
STRUKTUR
FISIK
- DiksiAdalah kemampuan membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikan, dan kemampuan untuk menemukan bentuk yang sesuai dengan situasi dan nilai rasa yang dimiliki kelompok masyarakat pendengar. Kata-kata dipilih, dicermati dan dibuat seefektif mungkin sehingga menghasilkan imajnasi dan suasana tertentu yang ingin diciptakan.Diksi mempunyai peranan penting dan utama untuk mencapai keefektifan dalam penulisan suatu karya sastra. Untuk mencapai diksi yang baik seorang penulis harus memahami secara lebi baik masalah kata dan maknanya, harus tahu memperluas dan mengaktifkan kosa kata, harus mampu memilih kata yang tepat, kata yang sesuai dengan situasi yang dihadapi, dan harus mengenali dengan baik macam corak gaya bahasa sesuai dengantujan penulisan.
- PengimajianAdalah usaha pengaturan atau penyusunan kata sehingga makna yang abstrak menjadi jelas dan kokret.pengimajian digunakan untuk member gambaran yang jelas, menimbulkan suasana khusus, membuat hidup gambaran dalam pikiran dan penginderaan, untuk dapat menarik perhatian, untuk memberikan kesan mental atau bayangan visual penyair menggunakan gambaran-gambaran angan.Di dalam puisi diperlukan kekonkretan gambaran, maka ide-ide abstrak yang tidak dapat ditangkap dengan alat-alat keinderaan diberi gambaran atau dihadirkan dalam gambar-ganbar inderaan. Diharapkan ide yang semula abstrak dapat ditangkap atau seolah-olah dapat dilihat, didengarkan, dicium, diraba, atau dipikirkan. Citraan dapat dibedakan atas citraan visual (penglihatan), citraan auditif (pendengaran), citraan artikulatori (pengucapan), citraan olfaktori (penciuman), citraan gustatory (kecap), citraan taktual (peraba/perasa) citraan kinaestetic (gerak), dan citraan organik.
- Kata KonkretAdalah kata-kata yang digunakan oleh penyair untuk menggambarkan suatu lukisan keadaan atau suasana batin dengan maksud untuk membangkitkan imaji pembaca. Penyair berusaha mengkonkretkan kata-kata, maksudnya kata-kata itu diupayakan agar dapat menyaran kepada arti yang menyeluruh. Dengan kata yang diperkonkret pembaca dapat membayangkan secara jelas peristiwa atau keadaan yang dilukiskan oleh penyair. Contoh untuk mengkonkretkan gambaran jiwa yang penuh dosa digunkan “aku hilang bentuk/remuk”.
- Bahasa FiguratifAdalah bahasa yang dipakai untuk menghidupkan lukisan, untuk lebih mengkonkretkan dan lebih mengekspresifkan perasaan yang diungkapkan. Pemakaian bahasa figuratif menyebabkan konsep-konsep abstrak terasa dekat pada pembaca karena dala bahasa figuratif oleh penyair diciptakan kekonkretan, kedekatan, keakraban, dan kesegaran. Disamping itu, adanya bahasa figuratif memudahkan pembaca dalam menikmati sesuatu yang disampaikan oleh penyair. Bahasa figuratif dikelompokkan menjadi beberapa macam:
- Simile adalah jenis bahasa figuratif yang menyamakan satu hal dengan hal lain yang sesungguhnya tidak sama.
- Metafora adalah bentuk bahasa figuratif yang membandingkan sesuatu hal dengan hal lainnya yang pada dasarnya tidak serupa. Contohnya “orang itu seperti buaya darat”.
- Personifikasi adalah jenis bahasa figuratif yang hamper sama dengan metafora. Bentuk bahasa figuratif ini mempersamakan benda atau hal dengan manusia, benda atau hal itu digambarkan dapat bertindak dan mempunyai kegiatan seperti manusia. Contohnya “angin yang meraung, batu-batu mengiris”.
- Epik-simile adalah pembandingan yang dilanjutkan atau diperpanjang, yaitu dibentuk dengan cara melanjutkan sifat-sifat perbandingan lebih lanjut dalam kalimat-kalimat atau frase-frase yang berturut-turut. Contonya ”Tuhanku/duniaku menghutan/hutanku jadi taman/ tamanku kering, kembali jadi hutan…/”.
- Metonimi adalah pemindahan istilah atau nama sesuatu hal atau benda ke suatu hal atau benda lainnya yang mempunyai kaitan rapat. Contohnya “Tuhanku/lingkarilah jiwaku/dengan cincin kasih-Mu/…”.
- Sinekdoki adalah bahasa figuratif yang menyebutkan suatu bagian penting dari suatu benda atau hal untuk benda atau hal itu sendiri. Contohya “Tuhanku/di dalam setiap sembahyangku/aku melihat/segala bangunan/yang kami ciptakan dalam/kehidupan, ternyata hanyalah ulat-ualat,/busuk dan menjijikkan/”.
- VersifikasiMeliputi ritma, rima dan metrum.
- Ritma berhubungan dengan pengulangan bunyi, kata, frasa, dan kalimat. Dalam puisi (khususnya puisi lama), ritma berupa pengulangan yang teratur suatu baris puisi menimbulkan gelombang yang menciptakan keindahan. Ritma juga dapat juga pergartian keras-lembut, tinggi-rendah, atau panjang-pendek kata secara berulang-ulang dengan tujuan menciptkan gelombang yang memperindah puisi. Contoh “Pagiku hilang/sudah melayang/Hari mudaku/telah pergi/Kini petang/dating membayang/Batang usiaku/sudah tinggi”.
- Rima merupakan persamaan bunyi dalam puisi. Persamaan bunyi dapat berada di awal, tengah akhir ataupun persamaan bunyi konsonan pada beberapa kata. Contoh “Karena kasih-Mu/Engkau tentukan waktu/sehari lima kali kita bertemu”.
- Metrum merupakan irama yang tetap, artinya pergantiannya sudah tetap menurut pola tetentu. Hal ini disebabkan oleh (1) jumlah suku kata yang tetap, (2) tekanan yang tetap, dan (3) alun suara menaik dan menurun yang tetap.
- TipografiMerupakan pembeda yang paling awal dapat dilihat dalam membedakan puisi dengan prosa fiksi dan drama. Karena itu ia merupakan pembeda yang sangat penting. Dalam prosa (baik fiksi maupun bukan) baris-baris kata atau kalimat membentuk sebuah periodisitet. Namun, dalam puisi tidak demikian halnya. Baris-baris dalam puisi membentuk sebuah periodisitet yang disebut bait. Baris-baris puisi tidak diawali dari tepi kiri dan berakhir di tepi kanan, tapi sebelah kiri maupun kanan sebuah baris puisi tidak harus dipenuhi oleh tulisan, tidak seperti halnya jika kita menulis prosa.
- Sarana RetorikaSarana retorika merupakan sarana kepuitisan yang berupa muslihat pikiran, dengan muslihat itu para penyair berusaha menarik perhatian, pikiran, sehingga pembaca tersugesti atas apa yang dikemukakan penyair. Pada umumnya sarana retorika menimbulkan ketegangan puitis, karena pembaca harus memikirkan efek apa yang ditimbulkan dan dimaksudkan oleh penyairnya.Sarana retorika adalah muslihat pikiran. Muslihat pikiran ini berupa bahasa yang tersusun untuk mengajak pembaca berfikir. Sarana retorika berbeda dengan bahasa kiasan atau bahasa figuratif dan citraan. Bahasa figuratif da citraan bertujuan memperjelas gambaran atau memgkonkretkan dan menciptakan prespektif yang baru melalui perbandingan,sedangkan sarana retorika adalah alat untuk mengajak pembaca berfikir supaya lebih menghayati gagasan yang dikemukakan.
- Nilai SosialNilai social adalah nilai yang berkenaan dengan kehidupan masyarakat yaitu kehidupan manusia sebagai makhluk social, selalu dihadapkan pada masalah-masalah social yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. Masalah sosial timbul sebagai akibat dari hubungan-hubungan sesama manusia lainnya dan sebagai akibat tingkah lakunya.
- Nilai PsikologiYaitu nilai-nilai kebatinan atau kerohanian. Misalnya mendalami jiwa orang lain, adalah penting untuk dapat bergaul dengan masyarakat secara baik.
- Nilai MoralYaitu nilai mengenai ajaran baik dan buruk yang diterima umum mengenai perbuatan-perbuatan, sikap dan kewajiban seperti akhlak, budi pekerti, susila dan lainnya.
- Nilai BudayaNilai Yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkup organisasi, lingkungan masyarakat yangmengakar pada suatu kebiasaan.
- Nilai EkonomiYaitu nilai yang membentuk khayal dan fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dengan kenyataan.
- Nilai Politik dan PerjuanganYaitu nilai tentang salah satu wujud interaksi social, termasuk persaingan, pelanggaran, dan konflik.
- Nilai AgamaYaitu suatu nilai yang berkaitan dengan perubahan sikap dan tingkah laku kearah yang lebih baik yang berkaitan dengan keTuhanan.
BAB
IV
MACAM-MACAM
PUISI
- Puisi LamaMerupakan hasil karya pengarang pada masa berkembangnya karya sastra lama. Pada masa itu, masyarakat masih hidup dan berpikir sederhana, serta masih dipengaruhi oleh adat istiadat dan tradisi. Karya sastra lama termasuk puisi lama, biasanya berisi tentang ajaran-ajaran moral, pendidikan, ajaran agama, aturan adat istiadat, adan nasihat.Ciri-ciri puisi lama :
- Puisi lama sanagat terikat oleh kebiasaan adat istiadat
- Puisi lama terikat pada aturan-aturan penulisan. Misalnya, jumlah baris pada setiap baitnya, sajak terakhir mempunyai bunyi yang sama, serta ada sampiran dan ada isi.
- Biasanya karya puisi lama tidak mencantumkan nama pengarangnya
- Biasanya menggunakan bahasa Melayu.Karya puisi lama dibagi menjadi beberapa bentuk, antara lain :
- ManteraMantera termasuk puisi lama karena bentuknya mempunyai bait dan baris. Mantera merupakan warisan budaya dari zaman animisme dan dinamisme, dimana masyarakatnya masih memuji roh-roh atau kekuatan gaib atau sesuatu yang dikeramatkan, seperti dewa-dewa, binatang atau kekuatan gaib lainnya. Kemudian, ketika zaman kebudayaan Melayu berkembang dan kebudayaan Islam berkembang, mantera juga mengikuti perkembangan budaya itu. Mantera biasanya dianggap berkekuatan ghaib oleh karena itu harus diadakan ritual dalam pengucapan mantra.Contoh :
- Mantra Dari JawaSang ireng jeneng muksa pang reksaneSang ening mati jati raksaneLakune ora katon pangraksane manusa,Bismillahirrohmannirohim,Car mancur cahayaning Allah,Sumsum balung rasaning pangeran,Kulit wulu rasaning pangeran,Iya ingsun mancuring Allah jatining manusa,nek putih rasaning nyawa,badan Allah sak kelebut putih,Iya ingsun nagara sampurna.
- PantunAdalah jenis puisi lama yang terdiri atas empat baris dalam satu baitnya. Baris pertama dan baris kedua merupakan sampiran, baris ketiga dan keempat merupakan isi yang dituju atau dimaksudkan oleh pengarang. Sajak terakhir pada baris pertama akan sama dengan baris ketiga, sementara baris kedua dan keempat mempunyai bunyi yang sama.Contoh :
- Pantun nasihatIlmu insan setitik embunTiada umat sepandai NabiKala nyawa tinggal diubunTurutlah ilmu insan nan mati
- TalibunTalibun hampir sama dengan pantun. Jika pantun setiap baitnya terdiri atas empat baris, talibun setiap baitnya terdiri atas enam, delapan, sepuluh, duabelas, dan seterusnya. Talibun juga mempunyai sampiran dan isi. Jika jumlah baris baris talibun enam, maka tiga baris pertama merupakan sampran, dan tiga baris terakhir merupakan isi. Jika jumlah baris talibun delapan, maka empat baris pertama merupakan sampiran sedangkan empat baris terakhir adalah isi.Contoh :
- Talibun delapan barisPasir bulan dalam perahuBerlabuh tentang batu baraBerkawan lalu ketepianKetika menghadap kemudianKasih tuan hambalah tahuBagai orang menggenggam baraRasa hangat dilepaskanBegitu benar malah kiranya.
- SelokaSeloka juga hampir sama dengan pantun. Bahkan, seloka disebut juga pantun berbingkai karena bait yang satu masih berhubungan dengan bait berikutnya. Cirri seloka adalah satu bait terdiri atas empat baris. Baris kedua dan keempat pada bait pertama akan diulangi bait kedua. Sementara baris kedua dan keempat pada bait kedua akan diulang pada bait ketiga.Contoh :
- Seloka a-b-a-bSeganda gugur di halamanDaun melayang masuk kulahDengan adinda minta berkenalanRindunya bukan ulah-ulahDaun melayang masuk kulahBatang berangan di tepi payaRindunya bukan ulah-ulahJangan tuan tidak percaya
- GurindamGurindam mirip dengan pantun kilat karena terdiri atas dua larik namun rima akhir dalam gurindam berpola a-a. Kedua larik tersebut merupakan kalimat majemuk yang menyatakan sebab akibat. Baris pertama merupakan syarat dan baris kedua merupakan akibat atau isi. Gurindam berisi nasehat atau ajaran budi pekerti.Contoh :Barang siapa yang mendekatkan pada IllahiMaka ia akan mendapatkan sugawiBarang siapa mengenal akhiratTaulah ia dunia mudarat
- SyairSyair berasal dari kebudayaan Arab yang masuk kedalam budaya Indonesia. Isi syair selalu berupa nasehat atau dongeng yang sarat akan pesan moral. Syair Terdiri atas empat baris, semuanya merupakan isi, tidak memiliki sampiran, tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata, dan rima ahirnya berpola a-a-a-a.Contoh :Ya Illahi Khalikul BahriNasibku malang tiada pergiDitinggal suami seorang diriBakal sengsara sepanjang hari
- KarminaKarmina disebut juga pantun kilat. Bentuknya sama dengan pantun biasa, hanya liriknya lebih pendek. Tiap larik terdiri atas empat sampai lima suku kata dan pola rimanya a-b-a-b.Contoh :Gendang gendut tali kecapiKenyang perut senanglah hatiDahulu perang sekarang besiDahulu sayang sekarang benci
- Bidal
Bidal ialah kalimat singkat yang mengandung
pengertian dalam bentuk kiasan, dan digunakan untuk menyatakan suatu hal yang
kurang pantas secara halus. Jadi, biasanya bidal berisi sindiran,perbandingan, atau kiasan.
Contoh:
- “Minyak habis sambal tak enak.”
- “Bagai mengairi sawah orang.”
- “Semahal-mahalnya gading, kalau patah tak berharga.”
Bidal diklasifikan menjadi beberapa jenis,
antara lain:
- Pepatah
- Peribahasa
- Ungkapan
- Perumpamaan
- Ibarat
- Pemeo/semboyan
- Masnawi
Berisikan pujaan terhadap orang-orang besar
atau perbuatan yang penting-penting contoh:
Umar yang adil dengan perinya
Nyata pun adil sama sendirinya
Dengan adil itu anaknya dibunuh
Inilah adat yang benar dan sungguh
Dengan bedah antara isi alam
Ialah yang besar pada siang malam
Lagi pun yang menjauhkan segala syair
Imamulhak di dalam Padang Mahsyar
Barang yang hak Ta’ala katakan itu
Maka katanya sebenarnya begitu
- Ruba’i
Rubai terdiri atas empat larik, berima a-a-ba. Banyaknya suku kata tiap larik tidak tentu.
Biasanya, rubai bernapaskan agama.
Contoh:
Dunia juga yang indah maka tercenganglah manusia,
sebab terkadang ia terhina dan lagi termulia,
bahwa seseorang tiada kenal dunia itu,
dalam dunia juga hidupnya sehari sia-sia.
- Gazal
Gazal juga merupakan pengaruh Persia-Arab pada
sastra kita. Gazal merupakan
puisi lama yang tiap baitnya terdiri atas 8 larik. Tiap larik terdiri atas 20 hingga 22 suku
kata. Setiap larik mempunyai kata akhir yang samaJadi bukan hanya rimanya yang sama,
melainkan kata. Gazal berisi masalah kebatinan yang tinggi.
Contoh:
Kekasihku seperti nyawa pun adalah terkasih dan mulia juga,
dan nyawaku pun, mana daripada nyawa itu jauh ia juga,
jika seribu tahun lamanya pun hidup sia-sia juga,
hanya jika pada nyawa itu hampir dengan sedia suka juga,
nyawa itu yang menghidupkan senantiasa nyawa manusia juga,
dan menghilangkan cintanya pun itu kekasihku yang setia juga,
kekasihku itu yang mengenak hatiku dengan rahasia juga,
Bukhari yang ada serta nyawa itu ialah berbahagia juga.
- Puisi Baru
- Distikon (sajak dua seuntai)Sajak yang berisi dua baris kalimat dalam setiap baitnya, bersajak a-a.Contoh:HANG TUAHBayu berpuput alun bergulungBanyu direbut buih di bubungSelat malaka ombaknya mmecahPukul-memukul belah-membelahBahtera ditepuk buritan dilandaPenjajab dihantuk haluan di tundaOleh : Amir HamzahDari : Puisi Baru
- Terzina (sajak tiga seuntai)Sajak tiga seuntai, artinya setiap baitnya terdiri atas tiga buah kalimat. Tarzina bersajak a-a-a; a-b-c; a-b-b;Contoh:BAGAIMANAKadang-kadang aku benciBahkan sampai aku maki……………… diriku sendiriSeperti akuMenjadi seteru……………….diriku sendiriWaktu ituAku ……………………..Seperti seorang lain dari dirikuAku tak puasSebab itu aku menjadi buasMenjadi buas dan panas( Or. Mandank )
- Quatrin (sajak empat seuntai)Sajak empat seuntai yang setiap baitnya terdiri atas empat buah kalimat. Kuatrin bersajak ab\ab, aa-aa, ab\ab atau aa\bb.Contoh:NGARAI SIANOKBerat himpitan gunung SinggalangAtas daratan di bawahnyaHingga tengkah tak alang-alangNgarai lebar dengan dalangnyaBumi runtuh-runtuh jugaSeperti beradab-adab yang lepasDebumnya hirap dalam angkasaDerumnya lenyap di sawah luasDua penduduk di dalam ngaraiMencangkul lading satu-satuMenyabit di sawah bersorak soraiRamai kerja sejak dahuluBumi runtuh-runtuh juaMereka hidup bergiat terusSeperti si Anok dengan rumahnyaDiam-diam mengalir terus( Rifai Ali )
- Quint (sajak lima seuntai)Sajak atau puisi yang terdiri atas lima baris kalimat dalam setiap baitnya. Kuint bersajak a-a-a-a-a.Contoh:HANYA KEPADA TUANSatu-satu perasaanYang saya rasakanHanya dapat saya katakanaYang pernah merasakanSatu-satu kegelisahanYang saya rasakanHanya dapat saya kisahkanKepada TuanYang pernah di resah gelisahkanSatu-satu desiranYang saya dengarkanHanya dapat saya syairkanKepada TuanYang pernah mendengarkan desiranSatu-satu kenyataanYang saya didustakanHanya dapat saya nyatakanKepada TuanYang enggan merasakan( Or. Mandank )
- Sextet/Dubbel Terzina (sajak enam seuntai)Sajak atau puisi enam seuntai, artinya terdiri atas enam buah kalimat dalam setiap baitnya. Sektet mempunyai persajakan yang tidak beraturan. Dalam sektet, pengarangnya bebas menyatakan perasaannya tanpa menghiraukan persajakan atau rima bunyi.Contoh:BUNDA DAN ANAKMasak jambakBuah sebuahDiperam alam di ujung dahanMerahBeuris-urisBendera masak bagi seleraLembut umbutDisantap sayapKereak pipi mengobat luasSemarak jambakDi bawah pohon terjatuh ranumLalu ibuDi pokok pohonTertarung hidup, terjauh mataPada palaTinggal sepenggalTerpercik liur di bawah lidah
- Septina (sajak tujuh seuntai)Sajak tujuh seuntai yang setiap baitnya terdiri atas tujuh buah kalimat. Sama halnya dengan sektet, persajakan septina tidak berurutan.Contoh:API UNGGUNDiam tenang kami memandangApi unggun menyala riangMenjilat meloncat menari riangBerkilat-kilat bersinar terangNyala api nampaknya curiaHanya satu cita digapaiAlam nan tinggi, sunyi, sepi(Intojo)
- Stanza atau octaaf (sajak delapan seuntai)Sajak delapan seuntai yang setiap baitnya terdiri atas delapan buah kalimat. Stanza disebut juga oktava. Persajakan stanza tidak beraturan.Contoh:PERTANYAAN ANAK KECILHai kayu-kayu dan daun-daunanMengapakah kamu bersenang-senang?Tertawa-tawa bersuka-sukaan?Oleh angin dan tenang, serang?Adakah angin tertawa dengan kami?Bercerita bagus menyenangkan kami?Aku tidakmengerti kesukaan kamu!Mengapa kamu tertawa-tawa?Hai kumbang bernyanyi-nyanyi!Apakah yang kamu nyanyi-nyanyikan?Bunga-bungaan kau penuhkan bunyi!Apakah yang kamu bunyi-bunyikan?Bungakah itu atau madukah?Apakah? Mengapakah? Bagaimanakah?Mengapakah kamu tertawa-tawa?(Mr. Dajoh)
- OdeSajakatau puisi yang isinya mengandung pujian kepada seseorang, bangsa dan Negara, atau pun sesuatu yang dianggap mulia. Karena isinya itulah, ode disebut juga sebagai puji-pujian. Persajakan ode tidak beraturan atau bebas.Contoh:· Menara sakti ( Kepada arwah HOS. Cokroaminoto) , karya A Hasjmy
- Himne
Sajak
pujaan, yaitu puji-pujian kepada Tuhan Yang Mahakuasa. Himne disebut juga sajak
atau puisi ketuhanan.
Contoh:
· Padamu jua, karya Amir Hamzah
- Elegi
Elegi
merupakan sajak duka nestapa. Isi sajak ini selalu mengungkapkan sesuatu yang
menyayat hati, mendayu-dayu dan mengharu-biru.
Contoh:
· Bertemu, karya
Sutan Takdir Alisyahbana
- Epigram
Sajak
atau puisi yang berisi tentang ajaran-ajaran moral, nilai-nilai hidup yang baik
dan benar, yang dilukiskan dengan ringkas. Terkadang ditulis dengan kata-kata
atau kalimat-kalimat sindiran atau kecaman pahit.
Contoh:
· Pemuda, karya
Surapati
- Satire
Sajak
atau puisi yang isinya mengecam, mengejek dengan kasar (sarkasme) dan tajam
(sinis) suatu kepincangan atau ketidakadilan yang ada dalam masyarakat.
Contoh:
· Marhaen, karya Sanusi pane
- RomanceRomance adalah sajak atau puisi yang berisi tentang cinta kasih. Cinta kasih ini tidak hanya cinta kasih antara dua orang kekasih, tetapi juga cinta kasih dalam bentuk lainnya. Misalnya cinta terhadap suasana damai dan tentram, cinta keadilan, cinta terhadap bangsa dan Negara juga cinta kepada Tuha.
Contoh:
· Anakku, karya J.E. Tatengkeng
- BaladaSajak atau puisi yang berisikan cerita atau kisah yang mungkin terjadi atau hanya khayalan penyairnya saja.
Contoh:
· Kristus di Medan Perang,
karya Sitor Situmorang
- Soneta (sajak 14 seuntai)Soneta adalah salah satu bentuk puisi baru yang berasal dari Italia dan masuk ke Indonesia melalui pemuda terpelajar Indonesia yang belajar di Eropa, terutama Belanda.Tokoh sonata terkenal dan dianggap sebagai bapak sonata Indonesia adalah Mohammad Yamin dan Rustam Effendi.Soneta yang asli terdiri atas empat belas kalimat seluruhnya. Namun sonata yang ada di Indonesia jumlah barisnya lebih dari empat belas kalimat. Tambahan baris kalimat dalam sonata tersebut dinamakan koda atau ekor.
Contoh:
· Kehilangan Mestika, karya A. Kartahadimadja
· Untuk Tini Kusuma, karya Moch. Yamin
- Puisi Modern KontemporerPuisi modern kontemporer dimulai sekitar tahun 1945, ketika para penyair mulai melahirkan karya-karya yang bercorak baru yang sangat berbeda dari karya-karya puisi sebelumnya. Pengaruh sastra Melayu dan bahasa Melayu sudah benar-benar ditinggalkan. Para penyair pada masa ini mulai menulis puisi atau karya sastra lainnya dengan bebas dan dengan bahasa yang lebih lincah, tidak lagi terikat pada peraturan-peraturan bentuk seperti yang terdapat pada karya puisi lama dan puisi baru.Dari segi bentuk, isi, dan bahasa puisi itulah, karya-karya sastra termasuk puisi yang terlahir dari tahun 1940 sampai dengan sekarang digolongkan sebagai puisi modern.
- Puisi Angkatan ‘45Yang dimaksud puisi angkatan 45 adalah puisi yang terlahir pada 1940 an yang dilator belakangi oleh penjajahan bahasa asing, terutama bangsa Belanda dan Jepang.Angkatan ’45 disebut juga Angkatan Chairil Anwar, karena penyair Chairil Anwar banyak melahirkan karya sastra pada saat itu. Chairil Anwarlah yang memulai penciptaan karya puisi yang berbeda dengan karya puisi sebelumnya (puisi lama dan puisi baru).Karya puisi Angkatan ’45 :DoaTuhankuDalam termanguAku masih menyebut namaMuBiar susah sungguhMengingat kau penuh seluruhcayaMu panas suciTinggal kerip lilin di kelam sunyiTuhankuAku hilang bentukRemukTuhankuAku mengembara dinegri asingTuhankuDi pintunu aku mengetukAku tidak bias berpaling
- Puisi Angkatan ‘66Yang dimaksud dengan puisi Angkatan ’66 adalah karya-karya puisi yang dicptakan oleh para penyair pada sekitar tahun 1960-an sampai dengan tahun 1970-an . Disebut Angkatan ’66 karena karya puisi yang sangat berpengaruh adalah puisi-puisi yang ditulis oleh penyair pada tahun 1965-1966, yang dilatarbelakangi dengan pembrontakan PKI. Oleh karena keadaan itu banyak seniman para pemuda dan seniman berdemontrasi di mana-mana. Mereka menuntut PKI dibubarkan, termasuk para penyair yang berusaha menggambarkan keadaan itu melalui karya puisinya.Karya puisi Angkatan ’66 :Karangan BungaTiga anak kecilDalam langkah malu-maluDatang keselambaSore ituIni dari kami bertigaPita hitam pada karangan bungaSebab kami ikut berdukaBagi kakak yang ditembak matiSiang tadi
- Puisi Tahun 1970-an-2000-anPuisi Indonesia semakin berkembang dari tahun ketahun. Keadaan masyarakat masih karya cipta puisi. Namun, pada tahun 1970-an sampai sekarang para penyair masih menulis atau menciptakan puisi dengan temayang beragam. Seperti keindahan alam, percintaan, tentang keluarga, dan lainnya.Karya puisi Angkatan 1970-an-2000-an :Tuhan Telah MenegurmuTuhan telah menegurmu dengan cukup sopanLewat perut anak-anak yang kelaparanTuhan telah menegurmu dengan cukup sopanLewat semayup suara azanTuhan menegurmu dengan cukup menahan kesabaranLewat gempa bumi yang berguncangDeru angin yang meraung kencangHujan dan banjir melintang kukang
- Puisi MbelingPuisi mbeling pada umumnya mengandung unsure humor, bercorak kelakar. Dalam puisi ini sering terdapat unsure kritik, terutama kritik sosial. Puisi mbeling tidak meng’haram’kan penggunaan suatu kata. Semua kata mempunyai hak yang sama dalam penulisan puisi ini.
Contoh : ( puisi mbeling )
Teka teki
Saya ada
dalam puisi
Saya ada
dalam cerpen
Saya ada
dalam novel
Saya ada
dalam roman
Saya ada dalam kritik
Saya ada dalam esai
Saya ada dalam wc
Siapakah saya ?
Jawab : H.B Jassin
Mengapa :
Karena tahun 70-an sastra Indonesia didominasi oleh sastrawan yang sudah mapan
termasuk H.B Yasin. Sastrawan muda merasa tidak diberi kesempatan untuk tampil.
Melalui karya – karyanya mereka mencoba berontak terhadap keadaan tersebut.
- Puisi TipografiYaitu puisi kontemporer yang memandang bentuk atau wujud fisik puisi mampu memperkuat ekspresi puisi. Bahkan wujud fisik puisi dipandangg sebagai salahh satu unsure puisi, sebagai suatu tanda yang memiliki makna tertentu, yang tidak terlepas dari keseluruhan makna puisi.
Contoh
MAUT
dia diamdiam diamdiam dia dia diamdiam diamdiam dia
diamdiam dia dia diamdiam diamdiam dia
dia diamdiam diamdiam dia
dia diamdiam
diamdiam
maut
Karya : Ibrahim Sattah
dia diamdiam diamdiam dia dia diamdiam diamdiam dia
diamdiam dia dia diamdiam diamdiam dia
dia diamdiam diamdiam dia
dia diamdiam
diamdiam
maut
Karya : Ibrahim Sattah
PENUTUP
Hakiakat puisi
meruoakan unsur hakiki yang menjiwai puisi dengan melukiskan sifat-sifat
utamanya. Dengan mengetahui sifat-sifat utama tersebut, maka lebih terbuka
jalan untuk mengerti bahkan juga menikmati serta menilai puisi. I.A. Richards,
seorang kritikus sastra yang terkenal telah menunjukkan bahwa suatu puisi
mengandung suatu makna keseluruhanyang merupakan perpaduan dari tema (yaitu mengenai inti pokok puisi
itu), rasa (yaitu sikap sang penyair
terhadap bahan atau objeknya), nada
(yaitu sikap sang penyair terhadap pembaca atau penikmatnya), dan amanat (yaitu maksud atau tujuan
penyair).
DAFTAR PUSTAKA
Berdiati, Ika
dan Rahmawati Annisa. 2010. Berkenalan
Dengan Puisi. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia.
Isdriani, Pudji.
2009. Seribu Pena Bahasa Indonesia (Sekolah Menengah Atas dan Manrasah Aliyah).
Jakarta: Penerbit Erlangga.
Jabrohim, Anwar
Chairul dan Sayuti Suminto A. 2001. Cara
Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniati, Lisdwiana. 2008.
Stilistika. Pringsewu: STKIP M Pringsewu Lampung
Luxemburg, Jan Van. Dkk. 2008.
Pengantar ilmu sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Puspasari. 2010. Belajar Mengapresiasi Puisi. Bekasi:
Adhi Aksara Abadi Indonesia.
Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
1 komentar:
Jarang ada penyair yang genre Tipografi, paling susah ini menurut saya :)
Posting Komentar